Vasektomi Miliki Efek Samping yang Minim

Vasektomi Miliki Efek Samping yang Minim

Viralnews.my.id Vasektomi Miliki Efek Samping yang Minim - Salah satu metode kontrasepsi yang bisa dijalani oleh pria adalah vasektomi. Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang memotong atau mengikat saluran sperma supaya air mani waktu ejakulasi tidak punya kandungan sperma.

Dokter spesialis urologi Prof. dr. Ponco Birowo, SpU (K), PhD berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan tidak ada dampak samping berasal dari lebih dari satu besar prosedur vasektomi.

"Efek samping vasektomi lebih dari satu besar tidak ada," kata Ponco lebih dari satu waktu selanjutnya dilansir berasal dari Antara.

Ponco mengatakan, dampak samping yang terjadi di dalam kadar kecil 1-2 % adalah timbulnya perdarahan, pembengkakan daerah skrotum, dan infeksi luka operasi.

Namun, kuantitas orang yang mengalami dampak samping tersebut disebutnya amat sedikit dan situasi pasien bakal kembali sembuh di dalam kurun waktu satu minggu.

Efek samping lain yang jumlahnya lebih sedikit, tidak cukup berasal dari 0,1 persen, adalah rasa nyeri yang menetap serta terjadinya penyambungan kembali secara spontan.

Dikutip berasal dari Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI), vasektomi adalah metode kontrasepsi dengan cara memotong atau mengikat saluran sperma (vas deferens). Setelah vasektomi, air mani yang nampak waktu ejakulasi tidak punya kandungan sperma.

Vasektomi tidak sama dengan kebiri. Vasektomi cuma memotong atau mengikat saluran sperma kanan dan kiri. Prosedur ini tidak merubah manfaat testis dan mengolah testosteron selalu normal.

Sementara itu, sistem kebiri menyingkirkan manfaat organ reproduksi (buah zakar) dan bisa merubah mengolah sperma serta testosteron.

Vasektomi tidak bakal merubah keinginan seksual, juga tidak mengganggu ereksi atau ejakulasi. Ereksi dan ejakulasi bakal selalu normal, cuma saja semen yang nampak tidak punya kandungan sperma.

Metode kontrasepsi ini tidak sebabkan penyakit jantung atau menambah risiko kanker. Operasi rawat jalur dengan risiko komplikasi atau dampak samping yang rendah ini sangat mungkin pasien untuk segera pulang ke tempat tinggal sehabis mendapat tindakan.

Vasektomi memiliki keuntungan dikarenakan murah dan efektif di mana cuma wajib ditunaikan sekali dengan angka kegagalan di bawah 1 % dan berlaku untuk jangka panjang.

Bagi umat Islam, fatwa MUI 2012 menyatakan vasektomi hukumnya boleh ditunaikan sesuai dengan syariat Islam dikarenakan tidak sebabkan kemandulan permanan. Prosedur ini reversibel dikarenakan bisa ditunaikan rekanalisasi.

Angka keberhasilan rekanalisasi vasektomi bervariasi, bergantung berasal dari rentang waktu vasektomi dan refertilisasi, style vasektomi, style rekanalisasi dan bergantung berasal dari apakah rekanalisasi ditunaikan pada satu atau dua saluran.

Setelah vasektomi, efeknya tidak segera terjadi. pasien wajib menanti sekitar 8-16 pekan untuk merasakan dampak berasal dari vasektomi. Metode kontrasepsi ini juga tidak menahan penyakit menular seksual supaya tiap-tiap orang wajib menerapkan interaksi seks yang aman serta sehat.

LihatTutupKomentar