Cara Mudah dalam Menggunakan e-Money

Cara Mudah dalam Menggunakan e-Money

Cara Mudah dalam Menggunakan e-Money - Pertumbuhan era yang kilat menuntut manusia buat bisa menyesuaikan diri dengan kemunculan teknologi baru. Keberadaan teknologi terkini bisa menolong pekerjaan manusia dalam bermacam bidang. Salah satunya merupakan keuangan.

Dalam bidang keuangan, pertumbuhan teknologi membuat e- money timbul ke permukaan. Apa itu e- money? E- money merupakan duit yang ditaruh dalam suatu sistem serta bisa digunakan buat melaksanakan transaksi elektronik. Kerapkali e- money pula dilengkapi dengan kartu chip.

Keberadaan e- money membolehkan Kamu buat melaksanakan transaksi digital selaku pengganti dari duit tunai. Dulu, bisa jadi Kamu hendak merasa was- was apabila bawa duit tunai dalam jumlah yang besar sebab khawatir hendak lenyap.

Saat ini, Kamu tidak butuh takut lagi sebab duit tersebut bisa ditaruh dalam satu kartu serta bisa digunakan kapan saja tanpa repot. Di Indonesia sendiri, ada sebagian tipe bank yang menghasilkan e- money, ialah BCA– Flazz, Mandiri– e- Money, BNI– TapCash, BRI– Brizzi, serta masih banyak lagi.

Manfaat E- Money


Tiap bank mempunyai duit elektroniknya tiap- tiap dengan metode kerja yang nyaris mirip dengan kartu debet. Hendak namun, e- money tidak hadapi pemotongan administrasi per bulan. Umumnya Kamu cuma hendak dikenai bayaran top- up ataupun isi ulang.

Gunanya juga lumayan bermacam- macam. Berikut ini sebagian aktivitas transaksi yang bisa dicoba dengan memakai e- money.

  1. Pembayaran Tol( Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya, Makassar)
  2. Pembayaran parkir serta TPE( Halte Parkir Elektronik)
  3. Pembayaran kereta( Commuterline, Railink Kualanamu)
  4. Pembayaran Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans
  5. Pembayaran di SPBU Pertamina berlogo e- money
  6. Belanja di toko retail( Indomaret, Alfa Group)
  7. Pembayaran di toko, wahana hiburan serta restoran berlogo e- money

Metode Mendapatkan e- Money


Ada sebagian metode supaya Kamu dapat memiliki e- money. Metode yang sangat gampang merupakan Kamu dapat menghadiri ke cabang bank terdekat serta memohon tutorial dari customer service buat dibuatkan e- money. Sehabis itu, Kamu hendak memperoleh kartu yang digunakan buat transaksi.

Tidak hanya itu, Kamu pula dapat mendapatkan e- money di sebagian minimarket, semacam Indomaret serta Alfamart. Kamu pula dapat mendatangi booth ataupun sales representative e- money yang tersebar di sebagian tempat universal, semacam mall, gerbang tol, stasiun commuter line, terminal transjakarta, vending machine e- money, serta merchant yang lain.

Metode Memakai e- Money


  1. Yakinkan jika merchant ataupun tempat Kamu melaksanakan transaksi bisa menerima pembayaran memakai e- money bank Kamu.
  2. Yakinkan saldo yang Kamu miliki pada kartu memadai.
  3. Dikala mau memakai di kereta api, busway, maupun hendak melaksanakan pembayaran yang lain, Kamu cuma butuh tap kartu e- money ke sensor yang ada.

Metode Gampang Cek Saldo e- Money


Kamu pastinya tidak mau ekspedisi maupun aktivitas terhambat sebab minimnya saldo e- money. Hingga dari itu, Kamu butuh melaksanakan pengecekan saat sebelum memakai e- money. Pengecekan dibutuhkan buat membenarkan saldo e- money lumayan sehingga aktivitas dalam hari itu bisa berjalan efisien.

Tidak hanya itu, e- money yang lama tidak digunakan dapat saja hangus ataupun telah tidak berlaku. Jika telah begini, Kamu hendak kerepotan buat mengurusnya. Hingga dari itu, wajib dicoba pengecekan serta pengisian saldo secara berkala. Gimana triknya? Ikuti cara-caranya di bawah ini.

1. Cek Saldo e- Money Lewat Mesin ATM


Apabila Kamu merupakan seorang yang kerap mendatangi mesin ATM buat melaksanakan bermacam berbagai transaksi. Hingga metode yang ini merupakan metode yang pas buat Kamu.

Tiap bank membolehkan buat melaksanakan pengecekan saldo e- money lewat mesin ATM- nya tiap- tiap. Contohnya bila Kamu mempunyai Flazz, hingga Kamu dapat melaksanakan pengecekan saldo di ATM kepunyaan BCA, saldo brizzi bisa dicek lewat ATM kepunyaan BRI, serta lain sebagainya.

Kamu dapat memencet tombol di mesin ATM serta memilah menu terpaut e- money. Berikutnya Kamu hendak diperintahkan buat melekatkan kartu e- money pada sensor yang ada di mesin ATM. Data saldo juga hendak keluar dalam sebagian dikala.

2. Cek Saldo e- Money Lewat Internet Banking


Metode yang satu ini sesuai buat Kamu jalani bila Kamu merupakan nasabah dari Bank Mandiri. Perihal ini disebabkan layanan ini cuma dapat diakses oleh nasabah dari Bank Mandiri. Kamu dapat mengecek saldo e- money Kamu dengan metode berikut ini.

Kamu dapat membuka internet banking Mandiri melalui smartphone ataupun laptop Kamu, kemudian login. Sehabis login, Kamu dapat masuk ke mana utama serta kiri duit elektronik.

Setelah itu, seleksi Mandiri e- money serta seleksi menu data saldo. Pada menu itu Kamu dapat mengetik 16 digit no e- money Kamu, kemudian seleksi menu kirim. Data saldo hendak langsung timbul.

3. Cek Saldo e- Money Lewat Aplikasi Mandiri Online


Buat memakai layanan yang satu ini Kamu wajib memakai smartphone sebab layanan ini cuma ada pada terdapat sistem tersebut. Pertama- tama Kamu wajib mendatangi Google Play buat memperoleh aplikasi e- money di situ. Kemudian install aplikasi tersebut di smartphone Kamu.

Demikian pembahasan pendek menimpa metode pemakaian e- money. Mudah- mudahan postingan ini bisa menolong Kamu buat menguasai metode kerja dari e- money itu sendiri serta memudahkan Kamu dalam melaksanakan transaksi.

Artikel Pendukung Lainnya :

LihatTutupKomentar